Rabu, 07 Juli 2010

Gunung Sumbing

Ini adalah pengalaman kami ketika mendaki gunung sumbing. Tepatnya adalah tanggal 15 agustus 2005. pendakian ini adalah dalam rangka 17-an. Yang kita rayakan bersama kelompok pencinta alam lainnya. Saat itu tim kami terdiri dari 6 pendaki (saya, tado, AA, Sinyo, Ambon dan Botak)

Kami bertolak dari terminal kalideres menuju wonosobo, kurang lebih 12 jam perjalanan. Dari terminal wonosobo kami lanjutkan menuju desa kledung dengan menggunakan bus ukuran ¾. Jarak tempuhnya sekitar ½ jam perjalanan. Jam 10 pagi kita tiba di basecamp. Setelah tiba, kami langsung melakukan mendaftarkan kemudian istirahat sebentar guna mempersiapkan perbekalan dan relaksasi.

Sekitar jam 11 siang, kami bertolak menuju puncak gunung sumbing. Tracknya begitu terjal dengan melewati jalan berdebu dengan dikelilingi hamparan tanaman tembakau yang merupakan tanaman khas petani disana. Kawasan ini terkenal sebagai pemasok tembakau terbesar untuk pabrik rokok kretek yang ada di jawa tengah.

Dibawah terik matahari, kami dengan tertatih-tatih menuju puncak yang gersang. Energi kami pun terkuras habis dan perbekalan air minum cepat sekali berkurang karena dahaga yang sangat mencekik. Ini adalah salah satu pendakian terberat yang pernah kami alami.

Target kami adalah sebelum hari gelap kami sudah harus tiba di pos “PESTAN”
Yang merupakan areal untuk transit bagi para pendaki sebelum melakukan perjalanan menuju puncak. Sekitar pukul 6 sore kami tiba di tempat ini. Diisinilah kami beserta kelompok-kelompok pencinta alam linnya ngecamp untuk istirahat dan mempersiapkan perjalanan pada esok pagi harinya.

Sekitar pukul 5 pagi, barulah kami menuju puncak dengan sebelumnya mengisi perut kami dengan sarapan mie goreng dan minuman hangat. Track yang kami tempuh untuk menuju puncak melalui jalan bebatuan yang tidak begitu terjal dan dibutuhkan waktu sekitar2-3 jam untuk menuju puncak gunung sumbing. Namun sayangnya ketika kami tiba di puncak tiba-tiba muncul kabut tebal sehingga kami tidak dapat menyaksikan pemandangan yang indah dari atas puncak.

Setelah menunggu beberapa lama, kabut pun tidak menghilang dan akhirnya kami putuskan untuk kembali turun ke PESTAN. Setelah itu kami melakukan packing untuk persiapan turun. Kami turun mulai start jam 1 siang dan sampai ke basecamp jam 7 malam dan Alhamdulillah kami selamat sampai di basecamp.

Sungguh petualangan yang sangat berkesan.