Rabu, 22 September 2010

Tanam pohon di lereng Gunung Gede-Pangrango

3 Mei 2009, saya bersama kawan-kawan dari green radio dan berbagai komunitas pencinta alam lainya melakukan kegiatan penanaman pohon di lereng gunung gede-pangrango, Jawa Barat. Kegiatan ini adalah dalam rangka merespon issu “global warming” yang melanda bumi kita yang tercinta ini.


Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari ini begitu mendapat respon yang luar biasa dari berbagai kalangan. Mahasiswa, jurnalis, pelajar, pengusaha, artis dan juga pejabat turut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Sebut saja contohnya Rebecca dan Jimly Asshidiqi.


Ada konsep yang berbeda dalam tanam pohon kali ini. Pohon-pohon yang kami tanam semuanya memiliki orang tua asuh. Artinya setiap phon yang ditanam itu merupakan sumbangan dari berbagai donatur yang turut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Dengan membeli 1 bibit pohon, berarti kita menjadi orang tua asuh pohon tersebut. Biaya dari hasil penjualan bibit pohon tersebut akan dimanfaatkan sebagai biaya pemeliharaan yang dalam pelaksanakannya diserahkan kepada penduduk sekitar. Jadi kita tak perlu khawatir bibit-bibit pohon yang kita tanam akan mati dan tidak terurus setelah ditanam.

Beberapa jenis tanaman yang kami tanam diantaranya adalah rasa mala, puspa dan suren yang merupakan endemic disana. bibit-bibit tanaman tersebut kami dapatkan dari Balai Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango.

Harapan terbesar bagi saya adalah semoga saja dengan kegiatan penanaman bibit-bibit  pohon ini, hutan di kawasan kaki gunung gede pangrango ini akan hijau dan lebat kembali. Karena sebelumnya megalami kegundulan akibat dari penebangan liar penduduk sekitar guna perluasan lahan pertanian mereka.

Dan yang tidak kalah penting adalah menyelamatkan bumi kita dari ancaman global warming yang sedang melanda dunia. Mari kita jaga bumi kita sebagai warisan untuk anak cucu kita. Kalau bukan kita siapa lagi.??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar